iklan

Friday, July 8, 2016

Bagaimana sebuah Universitas dapat mengorganisasikan bisnis edukasi nya bersamaan dengan fungsi bisnis dan proses bisnis nya… Dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa??



Bagaimana sebuah Universitas dapat mengorganisasikan bisnis edukasi nya bersamaan dengan fungsi bisnis dan proses bisnis nya… Dan bagaimana hal tersebut dapat memberikan nilai tambah kepada mahasiswa??

Jawabannya:
Sebuah Universitas mengorganisasikan suatu bisnis edukasi nya menggunakan nilai tambah di suatu universitas dengan akreditasi dari  universitas tersebut, dan juga kualitas pelayanan di berbagai bidang.

Sedangkan untuk mengetahui keterkaitan fungsi bisnis dan proses bisnis universitas ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu proses bisnis. Yaitu

Proses bisnis adalah suatu kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. 

Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen. Nilai kegunaan (Utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis.

Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
- Bisnis berfungsi untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
- Bisnis berfungsi untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi distribusi
-  Bisnis mengubah pemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
-  Bisnis berfungsi menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran

Sedangkan untuk proses dan fungsi bisnis dalam kegiatan universitas dapat dilihat pada use case di bawah ini.



 






















No comments:

Post a Comment